Kamis, Mei 28, 2009

Meski 'Haram', Facebook Rajai Indonesia


Jakarta - Situs jejaring sosial Facebook menempati posisi paling atas situs yang paling banyak diakses di Indonesia. Padahal ada pendapat yang mengharamkan penggunaan Facebook secara berlebihan.

Data terbaru dari situs pencatat ranking dan traffic Alexa.com menempatkan Facebook sebagai situs nomor 1 di Indonesia. Menurut pengamatan detikINET, Kamis (28/5/2009), situs jejaring sosial tersebut melampaui posisi Google yang biasanya ada di puncak Alexa Top Sites.

Pergerakan Facebook di Indonesia memang bagaikan sebuah fenomena. Situs buatan Mark Zuckerberg ini berhasil melampaui Friendster, situs jejaring sosial yang lebih dulu tenar di tanah air.

Dalam 10 besar situs versi Alexa, hanya ada dua situs lokal yang tercantum. Berturut-turut pada nomor 9 dan 10 adalah detik.com dan kaskus.us.

Sebagai perbandingan, posisi Facebook secara global adalah nomor 4. Indonesia menjadi satu-satunya negara di mana Facebook menduduki posisi puncak, di Amerika Serikat saja Facebook masih di posisi 3.

Berikut daftar 10 besar Alexa Top Sites yang diamati detikINET, Kamis (28/5/2009) pukul 10:30 WIB:


  1. Facebook.com
  2. Google.co.id
  3. Yahoo.com
  4. Google.com
  5. Blogger.com
  6. Friendster.com
  7. YouTube.com
  8. WordPress.com
  9. Detik.com
  10. Kaskus.us

Sedangkan untuk situs yang diakses melalui ponsel, tepatnya melalui browser Opera Mini pada ponsel, masih dipuncaki oleh Friendster. Facebook masih berada di posisi 3 di bawah Google (2). Satu-satunya situs lokal yang tercantum dalam 10 besar adalah detik.com.

Berikut adalah daftar 10 besar situs yang diakses pengguna Opera Mini di Indonesia selama April 2009:


  1. friendster.com
  2. google.com
  3. facebook.com
  4. yahoo.com
  5. waptrick.com
  6. peperonity.com
  7. getjar.com
  8. digg.com
  9. wikipedia.org
  10. detik.com

1 komentar:

  1. Anonim15:01

    ooo yaaa ini info dari detikinet.com

    BalasHapus